Rabu, 25 Desember 2013

Kerajinan Tembikar Lombok Berhasil


Kedutaan Besar Selandia Baru, Jakarta, Indonesia

Para pengrajin tembikar Indonesia di Lombok telah sangat sukses sekarang sehingga hasil karya mereka diekspor ke luar negeri, dan mereka mengaitkan keberhasilan mereka ini ke bantuan yang Selandia Baru telah berikan melalui sebuah proyek bantuan yang dimulai lebih dari 20 tahun yang lalu.

Selandia Baru terlibat dalam membantu para pengrajin tembikar perempuan pada tahun 1988 melalui melalui sebuah proyek yang bernama Proyek Kerajinan Tangan Lombok.
Tujuan dari proyek ini adalah untuk memperbaiki standar hidup dari para pengrajin tembikar dan keluarga mereka melalui program-program teknis, pemasaran, dan pembangunan komunitas dan juga pemberian berbagai beasiswa. Berbagai kegiatan juga dilakukan untuk memperbaiki kemampuan membaca, kesehatan dasar, akses ke air bersih, dan kebersihan.
Para penasihat teknis Selandia Baru bekerja bersama dengan para pengrajin tembikar dan para staf proyek lokal untuk memperbaiki kualitas dari kerajinan tembikar. Pasar-pasar baru dikembangkan, utamanya mengincar sektor perhotelan dan restoran dan sektor-sektor ekspor kerajinan tangan. Bantuan diberikan ke kaum perempuan sehingga mereka dapat belajar untuk mengelola usaha mereka, dan juga produksi kualitas ekspor.
Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, David Taylor , mengunjungi Pusat Kerajinan Tembikar Lombok pada kunjungannya ke Lombok baru-baru ini dan melihat langsung ruang pamer yang memiliki banyak jenis produk tembikar yang dihasilkan oleh para perempuan ini. Hasil kerajinan tangan tanah di Lombok secara tradisi digunakan untum penyimpanan makanan, memasak, dan makan.
Taylor mengatakan: “Sangatlah memuaskan untuk telah dapat membantu para perempuan di Lombok mendirikan sebuah usaha yang berkembang. Hal ini telah membantu komunitas secara keseluruhan dan menginspirasi orang lain untuk mencobanya.”
“Orang bilang bahwa peniruan adalah bentuk paling tulus dari pujian dan jelas bahwa para penghasil kerajinan tembikar Lombok lainnya telah mencoba untuk mencapai kesuksesan yang sama dan telah menghasilkan usaha dan pendapatan untuk komunitas-komunitas mereka. Program ini telah mendorong bergeraknya industri ini secara keseluruhan yang sangat baik untuk dilihat.”
Kedutaan Besar Selandia Baru akan menyediakan dukungan tambahan untuk Pusat Kerajinan Tembikar Lombok untuk meningkatkan standar kesehatan dan keselamantan industri ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar