Selasa, 15 Oktober 2013

BIDANG USAHA YANG PROSPEKTIF SAAT INI

Tugas Softskill Bahasa Indonesia
Nama  : Dika Aryani
NPM   : 22211075
Kelas  : 3EB10

Bisnis Waralaba atau Franchise
Mungkin untuk saat ini bisnis waralaba atau Franchise sangat menggiurkan,karena banyak orang yang sukses dengan menjalani bisnis ini. Berikut ini adalah definisi waralaba menurut Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia No. 259/MPR/Kep/7/1997 Tentang Ketentuan dan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba, yaitu waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki oleh pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan dalam rangka menyediakan dan atau penjualan barang dan jasa.

Pengertian waralaba menurut PP RI No. 42 Tahun 2007 tentang waralaba, (Revisi atas PP No. 16 Tahun 1997 dan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No. 259/MPR/Kep/7/1997 Tentang Ketentuan dan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba), waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perorangan atau badan usaha terhadap sistem dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti hasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Keuntungan memilih jenis bisnis waralaba :
1. Franchise tak sekadar beli usaha, tapi juga beli pengalaman.
Membangun suatu usaha yang sukses tidak bisa instan. Butuh waktu bertahun-tahun dan riset yang mendalam untuk menemukan produk atau resep yang benar-benar disukai pasar.
"Dengan menjadi seorang franchisee (yang memiliki usaha franchise),secara tak langsung Anda tidak perlu berjuang dari awal lagi. Beli franchise juga berarti beli pengalaman dagang.

2. Tidak perlu branding usaha
Hal yang paling sulit ketika membangun sebuah bisnis adalah branding atau memperkenalkan brand serta jenis usaha Anda pada masyarakat luas.
Ketika menjalankan usaha franchise, biasanya brand usahanya sudah dikenal di mana-mana. Sehingga Anda tak perlu bersusah payah untuk mempromosikan usaha kembali.

3. Kemungkinan sukses lebih besar
Karena usahanya sudah dinilai lebih berpengalaman dan juga promosi brand sudah dilakukan oleh pemilik usaha (franchisor), maka Anda sebagai franchisee bisa berpeluang tinggi untuk sukses.

dapat dikatakan melalui usaha franchise kesempatan sukses bisa mencapai 70 persen, sedangkan usaha sendiri dari bawah hanya 60 persen. Akan tetapi semuanya tergantung dari anda saat menjalankan usahanya, apakah sesuai prosedur standar usaha atau tidak.
10 Merek Franchise Terbaik Dunia Tahun 2013
Berikut ini 10 merek franchise terbaik dunia tahun 2013 yang dirilis forbes.com belum lama ini. Ditentukan berdasarkan lima variabel antara lain, rata-rata investasi awal, total lokasi, tingkat penutupan, pertumbuhan jumlah outlet AS dalam tiga tahun terakhir, dan jumlah jam pelatihan sebagai persentase dari biaya startup.
berikut 10 merek terbaik di dunia :


1.      Snap-on, toko yang menjual alat untuk mekanik profesional
2.       7-Eleven,
3.      Aaron’S yang dibuka pada tahun 1955 yang menjual dan sewa furnitur, televisi dan peralatan rumah tangga.
4.       Panera Bread, menjual roti  dan sebagai kafe amal.
5.       Servpro,  waralaba ini membersihkan bangunan dan rumah setelah kebakaran, banjir atau bencana alam lainnya melanda, termasuk serangan teroris 11 September dan Badai Katrina.
6.      McDonald, sebagian besar lokasi sekarang membanggakan akses Wi-Fi, lampu gantung dan seni kontemporer.
7.      Liberty Tax Service, pengerjakan pajak persiapan yang diperlukan untuk jalan-jalan dengan karyawan yang berpakaian seperti Patung Liberty dan gelombang tanda logoed.  
8.      Merry Maids, unit ServiceMaster menyediakan layanan jendela-pembersihan (dan kekayaan pembersihan gratis tips tentang website) rumah.
9.      The Maids Internasional,
10.  Jimmy John, toko makanan
1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar