Selasa, 15 Oktober 2013

DAMPAK EKONOMI PENYELENGGARAAN MISS WORLD di INDONESIA


Tugas Softskill Bahasa Indonesia
Nama  : Dika Aryani
NPM   : 22211075
Kelas  : 3EB10
Dampak Ekonomi Penyelenggaraan Miss World di Indonesia

 
Ajang tahunan khusus perempuan di seluruh dunia digelar pada 28 September 2013. Pemerintah pun mendukung penyelenggaraan ajang tersebut dan menjamin keamanan bagi para kontestan.
Ajang kecantikan seperti Miss World adalah salah satu ruang bagi perempuan untuk bisa bersuara. Suara ini penting bagi negeri seperti Indonesia.
“Bisa bicara tentang kekerasan terhadap perempuan, kemisikinan, pendidikan, hingga masalah-masalah bangsa seperti korupsi. Suara ini penting untuk perubahan,” katanya menyambung.
Perubahan sosial akan sulit terjadi saat tidak ada suara perempuan. Ia pun mencontohkan kepedulian terhadap lingkungan, seperti global warming akan lebih didengar oleh para tokoh dunia daripada suara aktivis lingkungan. Menurutnya sudah seharusnya perempuan yang mengikuti ajang tersebut bisa menjadi juru kampanye dari perubahan sosial.
Komnas Perempuan pun menjamin pengawalan ketat untuk ajang ini. Penyelenggara pun harus bisa menunjukan kualitas kepribadian, kepandaian juga menjadi penilaiannya.
Ia menambahkan ajang ini tak jauh berbeda dengan ajang kecantikan lain seperti abang dan none Jakarta. Hanya saja ajang ini diikuti oleh berbagai negara
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan berkat diselenggarakannya acara ini di Indonesia, maka dipastikan kunjungan wisatawan mancanegara akan meningkat. Tentu saja ini menjadi berita baik untuk Indonesia, mengingat keberhasilan penyelenggaraan acara ini bisa menjadi catatan tersendiri bagi negara Indonesia. Dunia pun akan menyorot Indonesia. Bukan hanya itu saja satu dampak positifnya adalah karya-karya dari desainer-desainer Indonesia bisa dikenal di seluruh dunia . Pasalnya, ajang seperti Miss World pasti disorot oleh berbagai media di dunia
Penyelenggaraan Miss World memberikan dampak positif bagi Indonesia, termasuk untuk pertumbuhan ekonomi lokal. Tercatat, 14 persen dari penduduk di seluruh dunia menontonnya setiap tahun.
Selama mengikuti kontes Miss World, para peserta dari 130 negara berbeda tersebut akan diajak mengunjungi obyek-obyek wisata di Indonesia. Hal itu ditujukan untuk mempromosikan wisata Tanah Air. Kehadiran jurnalis mancanegara, kata dia, dapat mewartawan wisata Indonesia ke negara mereka masing-masing. Dengan begitu, diharapkan dapat memunculkan rasa penasaran orang lain untuk mengunjungi Indonesia dan menyaksikan kekayaan alam dan budayanya secara langsung.
Keputusan ini diambil setelah Pemerintah mempertimbangkan aspirasi masyarakat yang berkembang selama ini. Pemerintah juga meminta agar peserta Miss World nantinya tidak mengenakan bikini atau pakaian lain yang dianggap tidak sesuai dengan budaya Indonesia. Sebagai gantinya, para peserta akan mengenakan pakaian nasional Indonesia.
Penyelenggaraan Miss World 2013 di Indonesia menuai penolakan dari sejumlah kalangan. Mereka yang menolak kontes ratu ayu sejagat itu rata-rata mempermasalahkan pakaian yang akan digunakan para peserta. Majelis Ulama Indonesia, misalnya, mengkhawatirkan para peserta kontes kecantikan itu akan mengumbar aurat.
Pemerintah mengklaim ada dampak positif dengan menjadi tuan rumah Miss World 2013. Penyelenggaraan Miss World sekaligus mempromosikan budaya dan obyek wisata Indonesia ke dunia Internasional.
Melalui kunjungan Miss World diharapkan Bali bisa dipromosikan ke seluruh dunia sebagai obyek wisata andalan di Indonesia. Ajang Miss World 2013 memberikan dampak positif terhadap promosi pariwisata dan perekonomian Indonesia. Hal ini pun diamini oleh aktivis perempuan Bali, Titik Suhariyati.
“Ajang ini seharusnya bisa diapresiasi dan Indonesia patut bangga karena mata dunia saat ini tertuju pada Indonesia, khususnya Bali. Ini berdampak baik kepada pariwisata dan perekonomian ke depan,” tuturnya di acara Workshop Kinerja Birokrasi, Sanur Paradise, Sanur, Bali, Senin (16/9/2013).
Dampak yang diberikan ajang  Miss World yang telah diadakan pada beberapa pekan lalu memang sangat positif. Walaupun banyak ormas dan segelintir masyarakat mengecam adanya efek negatif yang akan ditimbulkan karena adanya acara ini dapat ditepis dalam-dalam dengan keberhasilan dan rasa puas yang dialami seluruh masyarakat Indonesia, terutama warga Bali.





BIDANG USAHA YANG PROSPEKTIF SAAT INI

Tugas Softskill Bahasa Indonesia
Nama  : Dika Aryani
NPM   : 22211075
Kelas  : 3EB10

Bisnis Waralaba atau Franchise
Mungkin untuk saat ini bisnis waralaba atau Franchise sangat menggiurkan,karena banyak orang yang sukses dengan menjalani bisnis ini. Berikut ini adalah definisi waralaba menurut Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia No. 259/MPR/Kep/7/1997 Tentang Ketentuan dan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba, yaitu waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki oleh pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan dalam rangka menyediakan dan atau penjualan barang dan jasa.

Pengertian waralaba menurut PP RI No. 42 Tahun 2007 tentang waralaba, (Revisi atas PP No. 16 Tahun 1997 dan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No. 259/MPR/Kep/7/1997 Tentang Ketentuan dan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba), waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perorangan atau badan usaha terhadap sistem dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti hasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Keuntungan memilih jenis bisnis waralaba :
1. Franchise tak sekadar beli usaha, tapi juga beli pengalaman.
Membangun suatu usaha yang sukses tidak bisa instan. Butuh waktu bertahun-tahun dan riset yang mendalam untuk menemukan produk atau resep yang benar-benar disukai pasar.
"Dengan menjadi seorang franchisee (yang memiliki usaha franchise),secara tak langsung Anda tidak perlu berjuang dari awal lagi. Beli franchise juga berarti beli pengalaman dagang.

2. Tidak perlu branding usaha
Hal yang paling sulit ketika membangun sebuah bisnis adalah branding atau memperkenalkan brand serta jenis usaha Anda pada masyarakat luas.
Ketika menjalankan usaha franchise, biasanya brand usahanya sudah dikenal di mana-mana. Sehingga Anda tak perlu bersusah payah untuk mempromosikan usaha kembali.

3. Kemungkinan sukses lebih besar
Karena usahanya sudah dinilai lebih berpengalaman dan juga promosi brand sudah dilakukan oleh pemilik usaha (franchisor), maka Anda sebagai franchisee bisa berpeluang tinggi untuk sukses.

dapat dikatakan melalui usaha franchise kesempatan sukses bisa mencapai 70 persen, sedangkan usaha sendiri dari bawah hanya 60 persen. Akan tetapi semuanya tergantung dari anda saat menjalankan usahanya, apakah sesuai prosedur standar usaha atau tidak.
10 Merek Franchise Terbaik Dunia Tahun 2013
Berikut ini 10 merek franchise terbaik dunia tahun 2013 yang dirilis forbes.com belum lama ini. Ditentukan berdasarkan lima variabel antara lain, rata-rata investasi awal, total lokasi, tingkat penutupan, pertumbuhan jumlah outlet AS dalam tiga tahun terakhir, dan jumlah jam pelatihan sebagai persentase dari biaya startup.
berikut 10 merek terbaik di dunia :


1.      Snap-on, toko yang menjual alat untuk mekanik profesional
2.       7-Eleven,
3.      Aaron’S yang dibuka pada tahun 1955 yang menjual dan sewa furnitur, televisi dan peralatan rumah tangga.
4.       Panera Bread, menjual roti  dan sebagai kafe amal.
5.       Servpro,  waralaba ini membersihkan bangunan dan rumah setelah kebakaran, banjir atau bencana alam lainnya melanda, termasuk serangan teroris 11 September dan Badai Katrina.
6.      McDonald, sebagian besar lokasi sekarang membanggakan akses Wi-Fi, lampu gantung dan seni kontemporer.
7.      Liberty Tax Service, pengerjakan pajak persiapan yang diperlukan untuk jalan-jalan dengan karyawan yang berpakaian seperti Patung Liberty dan gelombang tanda logoed.  
8.      Merry Maids, unit ServiceMaster menyediakan layanan jendela-pembersihan (dan kekayaan pembersihan gratis tips tentang website) rumah.
9.      The Maids Internasional,
10.  Jimmy John, toko makanan
1

KEBIJAKAN MOBIL MURAH

Tugas Softskill Bahasa Indonesia

Nama : Dika Aryani
NPM  : 22211075
Kelas  : 3EB10


Kelebihan dan Kekurangan
Kebijakan Mobil Murah

Ini peraturan yang selama ini ditunggu-tunggu oleh pelaku industri otomotif dan oleh masyarakat yang menginginkan kendaraan roda empat dengan harga terjangkau, telah resmi dikeluarkan pemerintah beberapa hari lalu. Yaitu peraturan resmi mengenai Low Cost Green Car atau mobil murah ramah lingkungan dan kendaraan emisi karbon rendah. Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah  Nomor 41 Tahun 2013. Dengan aturan ini, mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car  kini boleh diproduksi dan dipasarkan di Tanah Air.
Terbitnya peraturan pemerintah mengenai mobil murah ini mengundang pro dan kontra di tengah masyarakat terutama bagi warga perkotaan. Aturan ini dikritik karena bisa mendongkrak penjualan mobil, yang ujung-ujungnya semakin memperparah kemacetan di jalan raya. Selain itu, dinilai  hanya akan menguntungkan pengusaha Asing dan berpotensi mematikan cita-cita membuat mobil nasional karya anak bangsa dengan menggunakan produk lokal.
Walaupun menimbulkan pro dan kontra, peraturan mobil murah ini tetap akan berlaku karena sudah ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Akhir bulan Juni ini, Kementerian Perindustrian akan segera menerbitkan Keputusan Menteri Perindustrian  yang berisi tentang jadwal lokalisasi, mengenai hal-hal teknis, tata cara pengujian, keamanan, dan lainnya.
Tentu saja kebijakan mobil murah ini sudah diperhitungkan soal kelebihan dan kekurangannya.
Dan mari kita lihat kelebihan atau hal positif dari adanya peraturan mobil murah ini.
·         Mobil murah ramah lingkungan  mempunyai keuntungan, mengurangi polusi dan hemat bahan bakar.
·         Peraturan mobil murah ramah lingkungan ini memperkuat struktur industri otomotif nasional.
·         Penghasilan pajak negara dari otomotif akan bertambah
·         masyarakat golongan ekonomi menengah akan merasakan punya mobil baru dengan harga terjangkau
Berikut kekurangan atau hal negatif peraturan mobil murah :
·         Meningkatnya kepadatan lalu lintas
·         Meningkatkanya konsumsi BBM
·         Peminat angkutan umum akan semakin berkurang
·         Dominasi angkutan pribadi pada angkutan lebaran akan semakin meningkat.

Jika peraturan mobil murah ini tidak keluar maka akan menimbulkan kerugian besar bagi Indonesia khususnya saat pasar bebas ASEAN berlaku pada 2015. Kebijakan mobil murah sudah berjalan baik di beberapa negara ASEAN seperti, antara lain, di  Thailand.  Dengan adanya Pasar Bebas ASEAN, kelak produk mereka bisa masuk secara besar-besaran ke Indonesia.  Biar bagaimana kebutuhan akan mobil murah di tanah air akan semakin besar, terutama di daerah-daerah. Maka  jangan sampai kebutuhan ini diisi oleh mobil impor.
Proyek dengan sebutan low cost green car ini juga bisa memberi peluang bagi tumbuhnya industri komponen otomotif domestik. Salah satu tujuan dari terbitnya  peraturan ini adalah meningkatkan kandungan lokal mobil yang sesuai dengan  low carbon emission program. Proyek mobil murah ramah lingkungan ini disebut-sebut  tidak mengganggu proyek mobil murah nasional karena spesifikasi mobil murah ramah lingkungan adalah  1.000 cc  hingga 1.200 cc. Sedangkan mobil nasional di bawah 1.000 cc.
Upaya yang perlu dilakukan dalam menanggulangi meningkatnya kepemilikan mobil pribadi adalah dengan mengurangi penggunaannya di jalan dalam artian masyarakat memang tidak bisa dilarang untuk membeli atau memiliki mobil pribadi baik mobil mahal maupun mobil murah, namun sebisa mungkin dilakukan upaya menghambat agar masyarakat enggan menggunakannya di jalan terutama pada hari kerja yang biasanya kondisi jalan cukup padat. Upaya tersebut antara lain:
·         Menerapkan ERP
·         Menaikkan tarif parkir
·         Tidak diperbolehkan parkir pinggir jalan
·         Menerapkan aturan jalan khusus yang hanya boleh dilalui angkutan umum
·         Menerapkan aturan nomor ganjil genap
Dan yang paling penting adalah membangun transportasi publik yang murah, cepat, aman, dan nyaman serta peran penegak hukum di lapangan agar komitmen dan konsisten memberi sanksi dan efek jera terhadap para pelanggar.  Intinya adalah menghambat penggunaan mobil pribadi, dan mengistimewakan penggunaan angkutan umum, dimana masyarakat terpaksa naik angkutan umum karena pertimbangan biaya yang lebih murah dan juga tingkat kesulitan yang lebih rendah.