Jumat, 14 Desember 2012

JURNAL EKONOMI KOPERASI 2 (1)



Review
 
EFEKTIFITAS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KOPERASI DAN USAH KECIL MENENGAH DI SULAWESI SELATAN

Oleh
Asdar Djamereng, SE.,MM. Dkk. *)

Abstrak

Penelitian dengan judul efektifitas pendidikan danpelatihan koperasi dan usaha kecil menengah di Sulawesi Selatanbertujuan untuk mengetahui sejauhmana efektifitas pelaksanaan pendidikan dan pelatihan manajement koperasi dan sekaligus melihat sejauhmana program pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan selama ini relevansi terhadap kondisi obyektif koperasi secara umum di Sulawesi Selatan.
Daerah penelitian meliputi kabupaten/kota dalam wilayah propinsi Sulawesi Selatan. Waktu pelaksanaan penelitian lebih kurang 3 (tiga) bulan, terhitung sejak bulan April sampai Juni 2004. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 128 responden yang terdiri dari 79 koperasi di Sulawesi Selatan yaitu; Kota Makasar, Pare-pare, dan Palopo, sedangkan tingkat kabupaten diwakili oleh Bulukumba,Bone, dan Pangkep. Koperasi tersebut dipilih secara purposivesampling dengan menggunakan kriteria; koperasi yang pengelolaanya pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan koperasi, koperasi dan UKM yang masih aktif.
Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kepustakaan, dengan melakukan pengamatan langsung ke lokasi, dan sekaligus mengadakan wawancara.
Kegiatan pendidikan dan pelatihan dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UKM ditingkat propinsi,kota, serta tingkat kabupaten memberikan dampak yang cukup signifikan, hal ini dapat dilihat dari tanggapan responden yang pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan. Kegiatan diklat yang diikuti oleh sejumlah pengurus maupun pengelola koperasi secara umum memberikan dampak yang positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar