Senin, 27 Januari 2014

Apa Itu Akuntansi Biaya


Akuntansi biaya adalah salah satu bidang akuntansi yang digunakan untuk proses pencatatan, pelacakan, dan analisis terhadap biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa.
Akuntansi biaya yang digunakan untuk menghitung biaya output yang dijual selama satu periode kemudian untuk mengkalkulasi laba dilakukan penandingan dengan pendapatan . laba serta biaya dapat dilaporkan pada segmen dari perusahaan ataupun bagi seluruh perusahaan , tergantung pada kebutuhan pelaporan pihal eksternal dan manajemen.
Proses atas penandingan (matching) melibatkan pengidentifikasian biaya variabel dan biaya tetap, serta biaya jangka pendek dan jangka panjang . yang dibebankan lebih dahulu adalah biaya manufakturvariabel ke unit yang akan diproduksi dan kemudian dibandingkan dengan pendapatan pada saat semua unit dijual. Bisa digunakan salah satu alternative untuk membandingkan antara biaya manufactur yang bersifat tetap dengan pendapatan .
Adapun alternativenya sebagai berikut :
·         Jumlah biaya tetap ditandingkan dengan pendapatan pada periode waktu yang bersangkutan . alternative ini disebut perhitungan biaya langsung (direct costing) atau perhitungan biaya variabel (variable costing)
·         Menandingkan sebagian atau seluruh total biaya manufaktur tetap ke unit-unit produk. Biaya ini kemudian dibebankan sebagai bagian dari nilai harga pokok penjualan yang dimasukan kedalam laporan laba rugi ketika unit tersebut dijual.
Ada beberapa pendekatan akuntansi biaya yaitu :
1.      Biaya standar
2.      Biaya berdasarkan kegiatan
3.      Biaya berdasarkan hasil
Manfaat akuntansi biaya itu sendiri untuk menyediakan informasi bagi manajemen untuk mengelola perusahaannya. Dapat berupa perencanaan, pengendalian laba dan penentu harga pokok dan juga sebagai pengambil keputusan oleh menejemen perusahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar