Minggu, 26 Januari 2014

Jalan Tol Cipularang Ambles



Arus lalu lintas jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Bandung dan sekitarnya melintasi jalan Tol Cipularang atau Purbaleunyi macet menyusul amblasnya ruas jalan Tol Cipularang Kilometer Kilometer 72 pada Jumat.
Berdasarkan pantauan, kemacetan arus lalu lintas sudah terjadi sejak selepas gerbang Tol Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tepatnya sejak di jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 60.
Kemacetan arus lalu lintas masih terus terjadi hingga memasuki pertigaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan Tol Cipularang. Diperkirakan, kemacetan mencapai lebih dari 10 kilometer. Petugas dari Satlantas Polres Purwakarta, Iptu Rullyanto Pahroen, mengatakan amblasnya jalan Tol Cipularang Kilometer 72 arah Jakarta menuju Bandung itu terjadi pada Jumat pagi.
Untuk mengatasi kemacetan parah, aparat kepolisian setempat menurunkan sejumlah anggota kepolisian untuk mengatur arus lalu lintas. Ia mengimbau agar para pengguna jalan berhati-hati dan mengurangi kecepatan saat melintas di jalan Tol Cipularang yang mengalami amblas itu.
Sementara itu, Tol Cipularang Kilometer 72 arah Bandung amblas sedalam 20 centimeter. Titik amblas dengan panjang sekitar 60 meter dan lebar 20 centimeter berlokasi di sekitar Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
Untuk posisi titik jalan yang amblas itu sendiri berada pada lajur lambat dan lajur tengah jalan Tol Cipularang wilayah Purwakarta.
Informasi yang berhasil dihimpun, amblasnya ruas jalan Tol Cipularang terjadi akibat tingginya curah hujan di daerah tersebut. Akibat peristiwa itu, lajur yang digunakan pada jalur arah Jakarta menuju Bandung hanya pada lajur cepat. Kondisi itu mengakibatkan antrean kendaraan cukup panjang.
Dalam rangka perbaikan jalur tol dilakukan sistem buka tutup dan terjadi pengalihan arus lalu lintas. Dari Jakarta menuju Bandung arus lalu lintas di arahkan keluar Purwakarta dan masuk gerbang Tol Sadang, sementara yang dari arah Jakarta menuju bandung keluat pintu tol Cikampek kemudian masuk Purwakarta.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-barat-nasional/14/01/24/mzwftv-jalan-tol-cipularang-ambles-arus-menuju-bandung-macet
http://www.tribunnews.com/regional/2014/01/25/cerita-macet-di-tol-cikampek-penumpang-nangis-hingga-tertinggal-bus



Tidak ada komentar:

Posting Komentar