Minggu, 26 Januari 2014

Kehadiran Juan Mata sekiranya bisa mendongkrak performa Manchester United di sisa musim ini


Hangatnya bursa transfer musim dingin kali ini diawali dari Old Trafford perihal kabar ketertarikan Manchester United untuk mendapatkan gelandang serang milik Chelsea Juan Mata.

The Red Devils memang santer diisukan akan mendatangkan Mata dengan tawaran yang mampu memecahkan rekor transfer klub, yakni sebesar £37 juta. Pemain asal Spanyol itu juga belum mendapat kepercayaan dari manajer Jose Mourinho sehingga ia sangat berpeluang hijrah dari Stamford Bridge.

Meski di musim ini kesempatan bermain pria 25 tahun itu terbatas, namun tetap saja mantan penggawa Valencia ini memiliki kualitas yang dibutuhkan United. Sekiranya, kehadiran Mata akan mampu memperbaiki musim pasukan Setan Merah yang amburadul.

Seperti diketahui, tim arahan David Moyes mengalami musim yang buruk lantaran terlempar dari empat besar di tabel klasemen Liga Primer, juga mereka yang tumbang di putaran ketiga Piala FA dan juga semi-final Piala Liga.

Terlepas itu, harapan United untuk berkompetisi tetap ada, yakni ajang Liga Champions Eropa setelah meraih tiket ke babak 16 besar dengan ditantang wakil Yunani Olympiakos.

Dan untuk menghidupkan peluang mereka, sebuah paket transfer tengah dirancang dengan mengincar Mata – seorang pemain yang dianggap kebanyakan fans The Blues sebagai penampil terbaik di musim lalu.

Statistik Mata jauh di atas pemain United lainnya, dengan The Red Devils yang mewakilkan Michael Carrick sebagai pemain dengan umpan terbanyak - yakni 1.061 dari 51 laga sejak awal musim 2012/13 hingga matchday ke-22 musim ini. Statistik tersebut coba kita bandingkan dengan Mata, yang dari 48 laga terakhir di EPL mampu melancarkan umpan sejumlah 1.171 kali.

Selain itu, pria bercambang tersebut juga sangat banyak menghasilkan peluang, yang berada di angka 125 - termasuk assists. Sedangkan pemain top asal United tidak ada yang mampu menyamainya, dengan Antonio Valencia berada di urutan kedua dengan 60 kali menciptakan peluang dan assists.

Dengan United yang kini menghuni peringkat ketujuh dan terpaut 14 poin dari sang pemuncak Arsenal, kehadiran Mata yang di musim ini terpinggirkan bisa jadi akan menghasilkan sebuah simbiosis mutualisme.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar